Senin, 17 Februari 2014

Kuncinya Adalah Ikhlas

         Kampusku itu kan mewah (mepet sawah) ya jadi pemandangannya lumayan epic, apalagi kalau mau senja gitu, beuh the superb view is on your eyes!! Kenapa aku ngebahas kampus ku? Entahlah. Jadi di kelas H itu banyak anak ngapaknya. Ngapak itu semacam itu loh alat buat motong kayu..... (Itu KAPAK, monyet!) Ngapak itu adalah semacam dialek orang jawa gitu. Bahasanya beda sama Bahasa Jawa pada umumnya karena bahasa Ngapak ini diilhami oleh Bahasa Jawa Kuno. Ngapak hanya digunakan oleh orang Banyumasan dan sekitarnya, termasuk Banten bagian utara dan Cirebon bagian Indramayu. CMIIW (Correct Me If I Wrong) ya.

           
           Nah salah satu sahabatku yang dari Ngapak (ada ikatan daerah juga denganku karena aku juga udah tiga tahun tinggal di Purwokerto, yang pake bahasa Ngapak juga sehari-harinya) adalah Satriya Ade Nugroho. Dia yang teriak-teriak nyaranin agar Sandy yang jadi ketua kelas waktu itu. Awal aku liat dia itu sepertinya dia sombong banget, terus belagu gitu. haha. Pernah aku kan ngobrol sama dia (waktu itu dia belum tau kalo aku juga dari daerah Ngapak) di depan kelas nunggu pintu kelas di buka kan.

"De, kamu semalam belajar buat hari ini?"
"Ngga nih." Katanya datar. Buset nih orang pikirku.

         Abis dijawab gitu aku udah males lagi ngobrol sama dia kecuali aku ada perlu sih. Walaupun aku bukan asli Purwokerto tapi di diriku udah ada jiwa ngapaknya, ya 30-40% lah kadarnya. Jadi kalo ketemu orang Ngapak di luar daerah Ngapak itu kaya ada ikatan batin aja gitu (ini ga perez ye). Sama seperti kalo aku ketemu orang Belitung di luar daerah Belitung. Rasanya bangga aja gitu. Tapi kadang pura-pura ga kenal sih kalo ada yang sama dari Belitung yang ketemu aku di kampusku. Hahaha.

        Aku pernah baca di sebuah novel kalo kita akan ngerasa kita adalah orang Indonesia kalau kita lagi di Belanda. Kita akan ngerasa jadi orang Bali kalau kita lagi di Aceh. Kita akan ngerasa jadi orang Belitung Timur kalau kita lagi di Bandung. Begitu seterusnya. Intinya, ya begitulah pikir sendiri.

         Suatu malam aku main facebook, nah aku buka grup Hubungan internasional UMY di facebook ada yang ngepost tentang mau bikin grup ngapak di Yogyakarta. Nah aku komen deh, exactly I used Ngapak there. Intinya aku setuju dan mendukung adanya grup Ngapak di Yogyakarta. Nih grupnya kalau mau tau. KLIK!

       Besoknya aku kuliah seperti biasa. Pas itu kelas Pengantar Ilmu Politik nya Pak Takdir Ali Mukti. Kan sebelum masuk kelas anak-anak pada nunggu gitu di pelataran gedung, nah pas aku baru dateng, langsung Ade ngomong ke aku, ga seperti biasanya pikirku.

"Eh Yan kamu orang Ngapak juga toh? Kamu yang komentar di post Grup FB semalam kan?"
"Ah? Iya, De. Hehe. Ngapa si?" jawabku pake Ngapak.
"Ya ga papa sih, Yan. Aku juga dari Purbalingga ini, kita deketan." katanya sambil senyum.

        Dari situlah aku mulai dekat dengan Ade ini. Haha. Sejak itu aku sering ngobrol-ngobrol sama dia, kadang pake Ngapak kadang pake Bahasa Indonesia juga teteup. haha. Dia pernah juga nginep kosanku. Gara-garanya dia mau ngerjain tugas Peta buat syarat ikut ujian tengah semester kelas PIP. Awalnya dia ngerjain di kosan Yopi. Karena di kosan Yopi ga ada modem jadinya dia nginep kosanku. Awalnya juga gamau nginep tapi karena udah kemalaman jadinya dia nginep deh. Waktu itu udah ga tahan banget aku ngantuk, tapi ga enak dong kalo aku tidur duluan. Jam sepuluh. Jam sebelas. Jam satu. Buset aku ga tahan.

"Aku tidur dulu ya, De. Ga kuat aku sumpah. Ngantuk."
"Iya, Yan. Tidur aja. Ga papa kok."

         Langsung deh tanpa tedeng aling-aling aku tidur dengan nyenyaknya. Eh tapi jam 4an aku bangun bentar ada sepuluh detik kayanya, masih liat Ade ngewarnain petanya :/ ya ampun serajin itu si Ade pikirku. Paginya aku bangun jam tujuh-an. Aku liat Ade masih lelap banget tidurnya. 'Pasti cape banget' kataku. Untungnya kelas PIP mulainya jam 10.40 jadi ga terlalu buru-buru. 

         Pernah kan aku sama Ade, sama Yopi juga, terus sama Nanda dan sama Isya bikin kelompok Call For Paper yang diadain BEM Fisipol UMY. Nah hari itu ada kumpul-kumpul buat ngebahas CfP nya. Abis kumpul itu kami makan di kantin Fisipol. Disitu aku ingat banget Ade ngomong gini. Panjang lebar sih ngomongnya, tapi intinya,

"....... Jadi, kita sebagai manusia itu saling mengahargai. Tidak boleh membedaka-bedakan orang hanya sekedar dari fisiknya saja. Bukan tidak mungkin orang yang selama ini kamu remehkan, tidak kamu hargai, bahkan kamu lecehkan akan menjadi atasan kamu kelak. Hormatilah setiap orang. Karena kalo kita menghormati orang, apapun latar belakangnya, pasti kita juga akan dihormati orang. Walaupun kadang, orang yang kita hormati itu tidak memberikan timbal balik yang sepadan."

         Begitu katanya. Kami berempat terdiam merenungi dan menyerap pelan-pelan perkataan Ade itu. Benar juga kataku. Aku ingat kata Bapakku juga, 

"Kita harus menghormati dan berbuat baik kepada setiap orang. Tapi, jangan harapkan mendapat balasan kebaikan datang juga dari orang yang sama. Mungkin saja kita baik pada si A, tapi belum tentu si A baik kepada kita. Intinya, kebaikan bisa datang darimana saja, bukan hanya dari orang yang pernah kita baik-i. Kuncinya adalah ikhlas."

0 komentar:

Posting Komentar

Created By Sora Templates