Rabu, 25 Juni 2014

One Day Trip to Solo, Indonesia

Solo!!!! Dari sebelum UTS semester dua udah pengen banget main ke Solo, tidak tahu kenapa. Padahal kata teman-teman yang berdomisili di Solo, katanya disana tidak ada apa-apa. Dan kebetulan, tanggal 22 Juni 2014 kemarin ada event Batik Solo Carnival 2014 di Solo. Maka dari itu jadilah saya dan teman-teman pergi ke Solo. YEAHHH SOLO!!!!!

Kami ke Solo jam 10.35 am naik Kereta Sidomukti dari Stasiun Lempuyangan seharga Rp.15,- dengan tujuan akhir Stasiun Solo Balapan. tetapi bisa berhenti di Stasiun Klaten atau Stasiun Purwosari. Menurut arahan dari temanku di Solo, namanya Theresia Rina Samudera, kami harus berhenti di Stasiun Purwosari. Tidak harus sebenarnya, tapi karena There ini mau jemput kami di Stasiun Purwosari jadi kami turunnya disitu.hahaha :p kami sampai Solo sekitar jam 11.25 am.

Baru injakan pertama di Solo saya dan teman saya mendengar suara anak kucing. Aku pikir, ah paling kucing kelaparan yang minta belas kasihan wisatawan. Eh tapi Tiara bilang iiihhhh kucingnya kejepit. Langsung kami cari-cari dimana kucing itu dan ternyata memang benar kejepit kepalanya di tempat pengangkut sampah. Mungkin dia mau naik keatas, etapi kepalanya kesangkut di kotak-kotak besi itu. Akhirnya saya menarik-narik kepalanya agar keluar tapi ga bisa. Terus ada ibu-ibu yang memberi semangat ke aku. "Ayo, tarik aja tarik aduuhhhh kasian sekali kucingnya. Tarik ajaaa aduuhhhh gapapaaaa bismilaah ayoo tarik, satuuuuu, duaaaaa, tigaaaaaa!!!!" Akhirnya kucing itu terlepas juga dari sakaratul mautnya. Terima kasih ya Ibu-ibu-penyemangat-pelepasan-kucing-dari-sakaratul-mautnya.

Setelah cuci tangan, saya langsung menemui Theresia yang sudah menunggu diluar stasiun. Setelah temu kangen dengan Theresia karena setiap mau ketemu pasti aja ada halangannya, saya dan teman-teman bingung mau kemana selanjutnya karena Batik Solo Carnival 2014 mulainya jam 3 pm. Akhirnya, Theresia bersama dua temannya menyarankan kami untuk ke Solo Square yang memang tidak jauh dari stasiun. Kami manut dan kami jalan kaki kesananya. Tidak sampai 15 menit jalan kaki kami sampai Mal itu. Kataku dalam hati, ke Solo kok mainnya ke mal lagi mal lagi. Dalam benakku sebelum sampai Solo itu ya, batik dimana-mana, budaya jawa masih sangat kental, dan kata orang jalanan di Solo itu kiri kanannya rindang banget. Tapi kenyataannya yang aku temui hanya yang ketiga : jalanan Solo rindang banget!!

Aku dan There di rindangnya jalanan Solo.

Ini di Solsquare.

Setelah menghabiskan waktu sekitar lebih dari dua jam di Solsquare kami menuju Stadion Gelora Manahan, yang menurut info yang saya cari di internet dan juga websitenya BSC startnya disini. Kami kesana memakai taksi, karena memang angkutan umum susah disana. Tidak susah sebenarnya, tapi kami saja yang kurang bertanya.hahhaa. Sekali jalan, taksi di Solo memasang tarif minimal Rp.20,- tapi pas dari Slamet Riyadi ke Solo Balapan taksinya minta Rp.25,- ya mungkin kami kena kibul -____- Dan setelah sampai di Stadion itu hanya ada sampah-sampah berserakan dan susasanya sepi sekali. Saya tanya ke penjaga stadion itu, katanya tadi pagi memang ada pasar tumpah di stadion itu. Kemudian saya tanya lagi tentang event BSC, tapi dia tidak tahu sama sekali adanya event itu. Saya juga heran, acara sebesar itu masak orang-orang Solo sendiri tidak tahu. Duh!

Akhirnya, kami putuskan untuk menonton BSC di Jalan Slamet Riyadi yang menjadi finish arak-arakan BSC 2014. Seperti biasanya, Indonesia tidak bisa dilepaskan dari yang namanya jam karet. Jadwal jam 3 pm, acara dimulai pukul 5 pm dan finish sekitar jam 6.10 pm. Bagus sih sebenarnya, jadi ada efek-efek lampu jalan gitu kan tapi mbok yo lebih disiplin. Pas arak-arakan sampai didepan mata, aku terperangah melihat setiap peserta mengenakan pakaian yang sangat epic. Superb Epic! Tidak bisa didefinisikan dengan kata-kata pokoknya. Ternyata diacara itu ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia juga. Tapi karena aku memoto nya kurang lihai jadi potonya ngeblur semua T.T Tapi lumayanlah, pas aku manggil beliau "Bu Mari Elka!!!!!" beliau nengok ke aku :)))) Aku dilihat menteri woy! AKU DILIHAT MENTERI WOOOYY!!!!!! :D hahaha Setelah kelar acara, aku dan teman-teman salam perpisahan dengan Theresia dan temannya. Kami sangat berterima kasih karena telah menemani kami di Solo :) ayo main ke Jogja!! :)

Kami pulangnya lewat Stasiun Solo Balapan dong.hahaha sebenarnya yang lain pengennya di Purwosari aja tapi karena aku belum pernah ke Stasiun Solo Balapan yang legendaris itu aku maksa naiknya dari situ aja. Mereka setuju. YES! Kami berangkat dari Jalan Slamet Riyadi sekitar jam 6.25 pm naik taksi lagi dan itu dempet-dempetan. hufet. Sampai stasiun sekitar jam 6.39 pm. Kami langsung jalan cepat ke loket untuk dapat tiket Prambanan Ekspres (Prameks) yang jam 6.55 pm. Tapi kami terlalu lama, tiketnya sudah habis dan yang paling cepat berangkat ke Jogja adalah kereta prameks yang jam 8.30 pm. Yasudah, daripada naik yang jam 9.30 pm mendingan itu kan.

Tapi ada baiknya juga sih, jadi kami bisa makan malam dulu di angkringan depan stasiun yang rasanya juga enak. Sekitar jam 7.40 kami masuk ke ruang tunggu stasiun. Sudah banyak penumpang kereta yang tujuan Jogja juga menunggu kereta yang sama. Akhirnya kereta yang ditunggu datang. Tapi datangnya lebih cepat 30 menit. Lalu kami bersama penumpang lainnya berebut tempat duduk karena memang kereta Prameks ini tidak disediakan nomor tempat duduk, jadi disini berlaku "siapa cepat dia dapat". Jam 8.35 pm kereta berangkat, sampai di Stasiun Lempuyangan jam 9.48 pm. Lalu kami pulang ke Kos masing-masing. Akhirnya kesampaian juga aku ke Solo! :D

Ringkasan Biaya ke Solo dari Yogyakarta :
1. Tiket KA Sidomukti Jogja-Solo                                            Rp.15,-
2. Beli jajan di Stasiun Lempuyangan                                    Rp.13,-
3. Makan di Solo Square (Bakmi Jawa+Es Teh)                    Rp.13,-
4. Dua Milk Tea (12) + Roti Boy (9)                                         Rp.21,-
5. Taksi dari Solquare ke Manahan (Rp.20,-/4)                    Rp. 5,-
6. Taksi dari Manahan ke Jl Slamet Riyadi (Rp.20,-/4)        Rp. 5,-
7. Taksi dari Slamet Riyadi ke Solo Balapan (Rp.25,-/6)     Rp.4,1,-
8. Makan di depan Stasiun Solo Balapan                              Rp.11,-
9. Dua air mineral 600 ml di Solo Balapan                            Rp. 8,-
10. Tiket KA Prameks Solo-Yogyakarta                                   Rp. 6,-  +
                                                                                                      Rp.88,1,-
         Sebenarnya biaya ini masih bisa ditekan kalau aku tidak menuruti nafsuku untuk makan dan minum -__- Ya, seperti yang aku janjikan diatas berikut ini galeri poto Batik Solo Carnival 2014 dan Kami!!!! Sampai jumpa di trip selanjutnya, ya!!! :D