Minggu, 23 Oktober 2016

Tarian 1000 Pendulang Timah Tutup Festival Negeri Laskar Pelangi



BELITUNG (KRjogja.com) - 1000 anak akan melakukan Tari Kolosal Pendulang Timah dalam puncak acara Festival Negeri Laskar Pelangi (FNLP) 2016. FNLP 2016 ini dilaksanakan di Tanjung Pandan, Belitung sejak Jumat, (21/10/2016) dan akan ditutup pada Minggu, (23/10/2016). 
Dalam acara puncak FNLP 2016 akan dihadiri oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pejabat daerah, tokoh masyarakat, dan juga para yachter yang sedang singgah ke Belitung dalam rangka Sail Karimata Indonesia 2016.
Ketua pelaksana FNLP 2016, Kusumah Kosasih mengatakan Tari Kolosal 1000 Pendulang Timah ini awalnya tercipta dari ide penulis novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata. Tarian ini ingin menggambarkan kehidupan masyarakat Belitung jaman dulu yang masih menambang timah sebagai pekerjaan utama mereka yang mana banyak anak usia sekolah yang menambang timah dan tidak meneruskan pendidikannya.
“Para penari yang notabene adalah anak sekolahan akan dilumuri oleh warna-warni sebagai visualisasi penambang timah tradisional di Belitung. Tarian ini juga sebagai pengingat bagi generasi muda Belitung bahwa tambang timah sudah masuk usia senja dan peluang kerja di sektor pariwisata sedang terbuka lebar,” kata Kusumah.
Menurut Kusumah, acara ini bertujuan untuk menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Belitung. Efek dari film Laskar Pelangi masih sangat kental dirasakan oleh masyarakat Belitung. “Karena film Laskar Pelangi Belitung menjadi ramai. Namun, kami takut jika wisatawan hanya disuguhkan alam saja mereka akan cepat bosan di Belitung. Maka dari itu, supaya wisatawan tidak bosan kami adakan festival ini,” terang Kusumah. (MG-06)
*Berita ini telah diterbitkan di krjogja.com. Baca di sini.

0 komentar:

Posting Komentar

Created By Sora Templates